rss

Senin, 25 Mei 2009

Kayu Manis Sebagai Obat Tradisional

Sejak dahulu kayu manis memang pupuler sebagai bumbu dapur, dan ada beberapa masakan khas Indonesia yang mensyaratkan sebagai bumbu wajib untuk mendapatkan masakan yang lezat.

Khasiat kayu manis cukup beragam, diantaranya dapat meringankan dan mnyembuhkan penyakit radang lambung, tekanan darah tinggi, vertigo, liver, sariawan, asam urat, rhematik, asma dan kram waktu haid.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika mengungkapkan kulit kayu manis dapat mencegah dan meringankan gejala penyakit kencing manis (diabetes). Pada kulit batang kayu manis terkandung zat yang merangsang insulin. Aktifitas insulin akan memperlancar proses metabolisme glukosa, sehingga kadar gula di dalam darah bisa ditekan mendekati normal.

MERAMU KAYU MANIS MENJADI OBAT

 Asam Urat
Ambil 1 jari kulit kayu manis, 15 gr jahe merah, 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 5 gr biji pala dan 4 gr daun sosor bebek.
Rebus semua bahan dengan menggunakan 600 cc air sampai tersisa 300 cc, saring dan diminum.

 Hipertensi
Ambil 1 jari kulit kayu manis, 10 gr asam trenggalis, 60 gr rambut jagung, 30 gr daun seledri. Rebus semua bahan dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Saring dan minum airnya selagi hangat.

 Sariawan
Sediakan 2 jari kulit kayu manis, terus cuci kemudian potong-potong. Rebus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. saring dan minum airnya selagi hangat 2 sendok makan 3 kali sehari.
(Jimmy)



BILA KAYU MANIS DAN MADU DIKAWINKAN

Khasiat bagi kesehatan dari madu dan kayu manis dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat, sistem pencernaan, jantung sehat, menguatkan tulang, kulit, gigi, dan rambut, mengurangi berat badan, mengobati gatal-gatal, dan mengobati radang sendi (arthritis).

Banyak khasiat madu bagi kesehatan apabila diminum sendiri tanpa kombinasi dengan lainnya. Namun madu juga dapat dikonsumsi dengan mengkombinasikan dengan yang lain, dan umumnya yang terkenal adalah susu (murni), kayu manis dan jahe.
Adapun khasiat kombinasi dari madu dan kayu manis bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Madu dan kayu manis sangat baik untuk penguat sistem kekebalan tubuh, mengobati capek karena kerja rutinitas, memperpanjang umur Kombinasi madu dan kayu manis juga bagus untuk kedinginan dan influenza.
2. Pencernaan. Madu dan kayu manis membantu dalam memperbaiki sistem pencernaan, menghilangkan gas dari perut dan usus dan mengobati sakit perut, perut kembung, salah cerna dan infeksi kandung kemih.
3. Gatal-gatal. Oleskan campuran madu dan kayu manis untuk gatal-gatal karena gigitan serangga.
4. Perawatan Kulit. Madu dan kayu manis biasa digunakan untuk perawatan kulit. Campuran keduanya bisa mengobati infeksi kulit dan jerawat. Untuk mengobati infeksi kulit campuran madu dengan kayu manis dengan takaran seimbang, dioleskan secara merata secara terus menerus. Sedangkan untuk mengobati jerawat dengan perbandingan 1:3 untuk madu dan kayu manis, dioleskan secara rutin selama 2 minggu sehari 2x.
5. Perawatan Rambut. Madu dan kayu manis juga merawat rambut, mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut.
6. Perawatan Gigi. Madu dan kayu manis dapat digunakan secara terpisah untuk perawatan gigi. Campuran keduanya juga dapat merawat gigi dalam mengatasi nafas tak sedap dan digunakan sebagai pasta gigi.
7. Berat Badan. Campuran madu dan kayu manis dalam air hangat yang dianggap baik untuk mengurangi berat badan. Seperti halnya obat penurun berat badan alami, campuran madu dan kayu manis akan membawa hasil nyata apabila diiringi dengan diet dan olahraga secara teratur.
8. Arthritis (radang sendi). Pengolesan secara teratur madu dan kayu manis di tempat yang sakit baik untuk pasien arthritis.
9. Gangguan Jantung. Madu dan kayu manis digunakan untuk mengurangi kadar kolesterol,dengan demikian memberikan kesehatan yang baik untuk jantung Anda.

Madu dan kayu manis juga dipercaya untuk merawat kanker, ketidaksuburan pada laki-laki dan gangguan pendengaran.COPAS

0 komentar:


Posting Komentar

 
TERIMAKASIH KUNJUNGANNYA SAHABAT, TINGGALKANLAH SEDIKIT PESAN AGAR AKU BISA BERSILATURAHMI,   »   Bandrek Cantigi The Real Bandrek -