rss

Senin, 25 Mei 2009

LIPI Teliti Khasiat Kayu Manis untuk Kanker

JAKARTA--MI: Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Cibinong, mengembangkan penelitian terhadap empat jenis tanaman yang berkhasiat bagi kesehatan manusia.

Empat penelitian tersebut ialah penelitian terhadap keluarga kayu manis (cinnamomum) sebagai obat penyakit kanker, penelitian terhadap tumbuhan dari keluarga "simaroubaceae" sebagai obat anti malaria, penelitian tanaman temu mangga serta penelitian pada keluarga jahe yang mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. "Semua penelitiannya masih dalam proses," kata Peneliti Bahan Alami Bidang Botani Pusat Penelitian Biologi LIPI Chairul, Senin (18/5).

Ia menambahkan masing-masing dari keempat penelitian membutuhkan waktu antara satu hingga tiga tahun. Hingga kini, penelitian tersebut ada yang baru mencapai tahap ekstraksi, yaitu tahap memisahkan komponen-komponen kimia dari tanaman yang diteliti, dan ada juga penelitian yang telah mencapai tahap uji aktivitas, yaitu melakukan pengujian dengan simulasi.

Jika penelitian terhadap tanaman berkhasiat itu telah selesai, maka tahap selanjutnya adalah melakukan publikasi ilmiah, yaitu mempresentasikan hasil penelitian pada khalayak, kemudian membuat prototipe produk, baru setelah itu dipatenkan. Chairul juga mengeluhkan masalah pendanaan penelitian dari pemerintah.

"Kadang penelitian harus berhenti di tengah jalan karena nggak ada dana," kata peneliti yang telah berkiprah selama 25 tahun di bidang penelitian botani tersebut. Ia juga mengaku beberapa peneliti terkadang harus melanjutkan penelitian dengan dana pribadi. Kita Tunggu aja HasilnY semoga Memang benar banyak manfaatnya(Ant/OL-01)
http://www.mediaindonesia.com

0 komentar:


Posting Komentar

 
TERIMAKASIH KUNJUNGANNYA SAHABAT, TINGGALKANLAH SEDIKIT PESAN AGAR AKU BISA BERSILATURAHMI,   »   Bandrek Cantigi The Real Bandrek -