rss

Jumat, 02 Oktober 2009

Gempa Bumi Termasuk Tanda Dekatnya Kiamat

Banyaknya gempa bumi akhir-akhir ini harus semakin membuat kita mawas diri. Senantiasa meningkatkan ketakwaan menjadi solusi. Karena Nabi shallallahu 'alaihi wasallam sejak jauh-jauh hari mengabarkan bahwa salah satu tanda dekatnya kiamat adalah banyaknya gempa bumi.

Diriwayatkan dari Abu Hurairah radliyallah 'anhu berkata, Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "tidak terjadi hari kiamat sehingga dihilangkannya ilmu, banyak gempa bumi, . . . ." (HR. Bukhari, no. 978).

Dalam Musnad Imam Ahmad, ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam duduk-duduk bersama para sahabatnya, di antaranya Salamah bin Nufail perawai hadits ini, beliau menyebutkan sebuah hadits yang di antara isinya; "sebelum terjadinya kiamat akan terjadi kematian-kematian yang mengerikan, dan sesudahnya akan terjadi tahun-tahun gempa bumi."

Bahkan nanti, gempa maha dahsyat akan terjadi sebagai permulaan terjadinya kiamat. Allah berfirman:

"Hai manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu; sesungguhnya keguncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat). (Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat keguncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah kandungan segala wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal sebenarnya mereka tidak mabuk, akan tetapi adzab Allah itu sangat keras." (QS. Al-Hajj; 1-2)

Memang kiamat sudah semakin dekat. Hendaknya kita senantiasa memperbaiki diri. Tidak layak kita menyombongkan diri dengan menetang perintah ilahi. sekali lagi meningkatkan ketakwaan kepada Allah Ta'ala harus menjadi solusi. Karena tiada musibah terjadi kacuali karena kemaksiatan yang dilakukan oleh penduduk bumi. (PurWD/voa-islam)

0 komentar:


Posting Komentar

 
TERIMAKASIH KUNJUNGANNYA SAHABAT, TINGGALKANLAH SEDIKIT PESAN AGAR AKU BISA BERSILATURAHMI,   »   Bandrek Cantigi The Real Bandrek -